Eternal Idol

Pada tahun 90-an, banyak musik mancanegara aliran Pop sangat digemari. Lirik yang berisikan kata-kata cinta yang membuai perasaan saat mendengarnya, tapi sayangnya karena saat itu saya masih duduk di bangku SD / SMP dengan bahasa inggris pas-pasan, mendengarkan lagu mancanegara hanya menikmati beat tanpa tahu makna dari lagu tersebut. Mengenal penyanyinya hanya dari lagu hits dan penampilan mereka, baik itu penyanyi solo maupun group band. Melihat Music Video (MV) di channel MTV atau channel [V], jika suka dengan lagunya maka akan membeli kaset albumnya. Saat itu sedang populer yang namanya Michael Jackson, Janet Jackson, Boyzone, Backstreet Boys, Spice Girls, N’Sync, The Corrs, Aqua dan sebagainya.

Suatu hari, guru les saya menyalakan MTV dan kalau tidak salah membawa kamera atau VHS, melihat MV seorang penyanyi wanita bergaun putih dengan setting di sebuah bangunan mewah, lagunya enak tapi wanita tersebut suaranya seperti teriak, dan saya tidak mempedulikannya. Kelanjutan di waktu berikutnya, guru les saya memperlihatkan sebuah MV lagi, seorang wanita berambut pendek dan sangat tomboy di sebuah panggung bernyanyi dengan kening yang berkerut dan saya menganggapnya membosankan sekali karena tidak ada tarian dan beat yang semangat seperti Spice Girls, MVnya juga gelap-gelap. Tiba-tiba wanita itu berdiri mantap di tangga panggung dan menyanyikan..

“All by myself… Don’t wanna be…”

“All by MYSELFFF !! ANYMOOOOOOOREEEEEEEEEEEEEEE……!!!!!

“Eh GILA !! Teriaknya kenceng amat ! Kek Laki !” komentar saya dalam hati, apakah dari sana saya mengenal wanita itu ? TIDAK ! Berlalu begitu saja, karena penyanyinya ga cantik, kayak cowok, nama penyanyi dan judul lagu yang muncul di akhir MV juga tidak dilihat, karena tidak tahu arti lirik dan saat itu fans ama lagu-lagu pop nya boy band.

Lalu suatu ketika menonton MTV, melihat sebuah MV menampilkan duet dari 2 orang wanita, satunya muda dan cantik, seorang lagi sudah agak berumur dan terlihat seperti seorang kakak (ibu) yang baik. Lagunya slow pada awalnya lalu berakhir megah pada akhirnya judulnya Tell Him, apa arti di dalam lirik lagunya ?? TIDAK TAHU. Dan saya juga tidak melihat siapa nama penyanyinya, saya pikir mereka adalah Female Group Band.

Saat itu, sedang hebohnya film dengan durasi 3 jam mengenai kapal besar yang tenggelam, YA ! judulnya TITANIC. Saya mengetahui bahwa setiap film Hollywood memiliki Original Soundtrack (OST), apa ya OST untuk film TITANIC ini ? Akhirnya saya menemukannya di sebuah MV, ” Lho koq sendirian ? ” tanggapan saya saat pertama kali melihat melihat MV tersebut, wanita muda dan cantik yang duet dalam lagu Tell Him muncul kembali (duet with Barbra Streisand). Wah, cantik ya.. MVnya bagus di atas kapal saaat sedang sunset di tengah lautan, lagunya juga enak terutama saat memasuki bait terakhir, saya menunggu akhir dari MV tersebut akhirnya muncullah judul lagu dan nama penyanyinya..

Celine Dion

My Heart Will Go On

Saya menyukainya !! Lagunya berada di jajaran pertama setiap minggu di Asia Hitlist di channel MTV selama 1-3 bulan dan saya tidak bosan-bosan mendengarkan lagunya, sampai hapal luar kepala. Sejak itu, mulailah mengikuti perjalanan lagu Celine Dion.

Seiring berjalannya waktu saya juga kaget bahwa dulu wanita tomboy yang berteriak “ANYMOOOOREEE..” itu ternyata adalah Celine Dion, sekarang dia feminim dan cantik sekali dengan rambut panjangnya. Tetapi Celine Dion memang mantap seperti memiliki 2 kepribadian (bahkan lebih) jika sudah mulai menyanyi, bisa menjadi feminim, keibuan, wanita tomboy dan suara yang khas tiada dua dengan power yang kuat dan berkualitas. Terbukti dibeberapa judul lagu Celine Dion menyanyi dengan power luar biasa seperti All By Myself, The Power of The Dream, I Surrender; Lagu lembut seperti bisikan malaikat seperti Miracle, New Day Has Come, Tell Him, The Prayer; Lagu upbeat dan semangat seperti River Deep Mountain High, That’s The Way It Is, Treat Her Like A Lady dan masih banyak lagi.

Sekarang saya mendengarkan kembali lagu-lagunya, mencari lirik dan memahami artinya (Bahasa Inggris sudah lumayan bagus), membuat saya semakin mengerti dan mencintai lagunya. My Heart Will Go On menjadi salah satu favorit, saat mendengarkan kembali dengan cermat, I Cried.. especially when see her singing at Las Vegas Live Concert (DVD/Youtube). Celine Dion sangat bagus, sampai hari ini saya masih terus mengaguminya dan berharap bisa melihat dia bernyanyi Live Concert, I’ll come for sure !!

She is Legend, She is Diva, She is my Eternal Idol..

And how about you ?

Who is your Eternal Idol ?

Leave a Reply

